Pages

Thursday, June 28, 2012

Tips Mengatasi Rasa Malu Berbicara di Hadapan Umun

Kalau Saya ingat bagaimana rasanya memberikan presentasi di kampus di depan teman-teman kelas. Mulut Saya kering, Saya terus-menerus gelisah dan Saya merasa tidak bisa memikirkan apapun. Semua itu disebabkan karena Saya sibuk memikirkan hal-hal menakutkan berdiri didepan.

Bagi banyak orang kondisi ini menjadi "mimpi buruk" yang dihindari. Mungkin Anda ragu-ragu mendekati seseorang untuk menanyakan arah. Kadang-kadang ini dapat menghambat Anda bahkan tidak akan membantu Anda. Ini sama saja, karena Anda terlalu banyak berhalusinasi

Hari ini Saya ingin berbagi sedikit tips atau lebih tepatnya Enam cara untuk mengatasi rasa malu:




1. Orang tidak menggigit
Orang tidak dapat membaca pikiran Anda. Jika pikiran Anda sedang "kacau", sebaiknya Anda meminta waktu sebentar untuk menenangkan fikiran Anda. Mereka bahkan mungkin mengejutkan Anda dan dengan berkata "Ayo ngomong. Katakan sesuatu!" Jika kita memikirkan situasi yang menakutkan itu akan benar-benar terjadi. Jangan terlalu asik berkutat dengan fikiran Anda.
Keluar dari zona nyaman Anda sering dapat membuat hidup lebih mudah daripada jika Anda tidak bertindak sama sekali.
Semakin lama Anda menunggu, keadaan lebih buruk yang Anda rasakan dalam fikiran Anda. Kita sering membiarkan imajinasi kita "berjalan liar". So.. "jinakan" pikiran Anda.
2. Latihan, menjadikan sempurna
Semakin Anda mencoba dengan kepercayaan diri untuk mengatasi rasa malu. Anda akan berhasil mengatasinya. Apa yangg ingin Anda sampaikan dapat diringkas terlebih dahulu dan pelajari. Kepercayaan yang Anda miliki akan menjadi semakin mudah untuk terus berperilaku dengan cara seperti itu. Bisa karena biasa. Anda bisa berlatih didepan kaca.

3. Atur napas dengan tenang
Sebelum maju kedepan, tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan kemudian keluarkan perlahan-lahan untuk mengevakuasi stres dan ketakutan. Lawan rasa malu Anda dengan bersikap lebih santai.

4. Gunakan alat bantu
Jika Anda tidak begitu menguasai materi, manfaatkan program "power point" atau sejenisnya. Bawa atau kenakan sesuatu barang yang dapat menjadi suatu topik pembicaraan.

5. Kumpulkan dukungan Minta dan kumpulkan dukungan pada orang-orang. Anda bisa saja sebelum maju menyalami dan memberikan senyuman kepada orang-orang didekat Anda. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri anda. Usahakan untuk tetap melakukan kontak mata dengan pendengar Anda. Jangan sampai rasa malu membuat Anda terlihat "sombong" atau tidak menghormati.

6. Fokus
Cara yang paling mudah adalah fokus. Fokus berarti kesadaran Anda penuh pada sesuatu. Jika Anda tidak ingin malu karena salah menjawab pertanyaan orang, fokuslah pada pertanyannya. Tampilkan sisi terbaik Anda. Tonjolkan semua kelebihan yang Anda miliki.


Jika Anda berjuang mengatasi rasa malu. Coba menerapkan beberapa teknik dalam artikel ini. Tips ini membantu Saya dan Saya yakin akan membantu Anda juga.(o_O)

No comments:

Post a Comment